Friday, March 8, 2019

MEMENANGKAN INDONESIA

Hai sobat lintas generasi, di awal coretan online ini saya mau tanya satu hal dulu ya, “Apa nih yang terlitas di benak kalian dengan kalimat INDONESIA MENANG?”

Nah pasti banyak jawaban yang berbeda-beda dari kita. Pertanyaan ini sempat saya tanyakan ke beberapa orang dekat seperti istri, orang tua dan juga teman-teman. Jawaban yang saya dapati unik-unik dan beragam. 

Indonesia menang itu kalau timnas sepakbola negara kita menang?
Indonesia menang itu kemenangan atas prestasi-prestasi yang diraih negara kita dalam suatu kompetisi dunia?

Indonesia menang itu kalau negara kita sudah maju dari negara lain?

Indonesia menang berarti sudah merdeka, sudah tidak bisa dijajah?

Pasti akan kita jumpai jawaban dan tanggapan dari orang sekitar yang unik dan beragam. Apalagi negara kita Indonesia mempunyai banyak ragam suku bahasa dan budaya. Oleh karenanya ide gagasan yang keluar pastilah berbeda. Itu semua wajar bukan?

Kembali ke pertanyaan besar di awal soal Indonesia Menang. Di coretan ini saya mau mengajak sobat-sobat semua berbagi ide fikiran yang positif tentang permasalahan di negara kita Indonesia.

Di era sekarang banyak sekali konflik social yang bisa kita dapati dikarenakan beragamnya pola fikir kita yang setiap saat selalu berkembang oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi informasi.

Indonesia adalah negara yang berkembang, dimana setiap masyarakatnya akan selalu menemui pembaruan di setiap aspek kehidupan yang dijalani. Sebagai warga negara yang baik pastinya kita akan selalu mendukung dan meneruskan perjuangan putra putri anak bangsa kita dalam memajukan Indonesia. Karena perjuangan bukan hanya di medan perang, berjuang berarti kita harus ikut ambil peran apapun itu agar negara kita dapat lebih maju dari sebelumnya. Semangat berjuang ini pasti ada di setiap sanubari kita semua, tapi mungkin pemicu semangat itu yang kadang sulit dijumpai.

Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman, kaya sumber daya alam dan kaya akan generasi cerdas penerus orang tua kita yang sudah lebih dulu memberikan kontribusi positif bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Generasi cerdas itu terdapat pada anak-anak muda, kaum milenial yang sekarang hidup di tengah majunya ilmu teknologi dan informasi.

Penting! Negara yang berkembang itu beberapa indikatornya dapat dilihat dari segi pertumbuhan penduduk, kesehatan, pendapatan perkapita, beban tanggungan serta tingkat pengangguran yang ada. Indikator negara majupun sama, akan tetapi negara-negara maju punya ciri-ciri yaitu kebalikan dari sebuah negara yang berkembang. Diantaranya standar mutu kehidupan penduduk di negara maju akan lebih tinggi.

Nah apa sih pentingnya peran kita para milenial di zaman sekarang? Apalagi dengan keadaan negara kita saat ini. Kita harusnya bangga karena pahlawan negara ini dulunya adalah mereka yang muda dan mempunyai semangat besar dan fikiran yang produktif. Karenanya Indonesia harus berdikari dan rakyatnya rukun dalam keadilan dan kemakmuran.

Coretan ini saya buat disaat banyaknya konflik social. Dikatakan konflik social karena menurut saya sekarang ini kita dihadapkan dengan banyak benturan opini, pembohongan publik, pencitraan dan perdebatan dalam berdemokrasi. Semua itu masih dalam kewajaran pendewasaan demokrasi. Tapi kita harus ambil peran disini. Jangan sampai kita hanya menyaksikan dan tidak tergerak untuk ikut serta memberikan ide gagasan kita. Menurut saya rugi jika hanya membiarkan masa saat ini berlalu begitu saja. Ayo tuangkan solusi aspirasi kita supaya demokrasi lebih dewasa.

Negara kita Indonesia memiliki struktur pemerintahan yang sah karena pemimpin-pemimpinnya dipilih oleh masyarakatnya sendiri. Semua itu dikumpulkan dari hasil pencoblosan saat pemilu. Pemerintah setelah dipilih memiliki tanggung jawab yang besar untuk memimpin dan membawa arus kemajuan suatu negara. Bukankah kepemimpinan itu semua penting?

Lantas bagaimana jika masih terdapat kekurangan, apakah kita biarkan begitu saja? Diantara kekurangan itu menurut saya terdapat pada kebijakan yang dihasilkan dari suatu kepemimpinan. Setiap kebijakan harus didasari kejujuran dan keadilan, kenapa? Karena dua hal itu adalah hal dasar yang harus dimiliki seorang pemimpin. Jujur akan berdampak pada kepercayaan kita terhadap pemimpin dalam setiap kebijakan yang diambil. Adil akan memberikan ketenangan dan kemakmuran pastinya, apalagi negara kita mempunyai hukum yang memiliki tujuan pencapaian yaitu keadilan.

Pencapaian manusia memang tidak selalu sempurna, tapi untuk mencapai kesempurnaan kita punya kesempatan yaitu suatu perubahan. Setiap kita punya masa depan, punya generasi penerus. Sayang sekali kalau kita tidak ikut ambil peran dalam hal ini.

Saya mengajak sobat pembaca coretan ini, ayolah kita ikut berpartisipasi sebagai rakyat generasi yang baik. Belum terlambat untuk kita bergerak bersama dengan rasa peduli terhadap negara kita Indonesia. Kita harus punya ketegasan dalam memilih pemimpin di negara ini, baik itu presiden, legislatif dan pemimpin lainnya. 



Indonesia kedepan haruslah menjadi negara yang maju dan akan selalu lebih maju. Perselisihan atau perdebatan kita tepis dengan kejujuran dan persaudaraan, kita semua masih boleh mempunyai pandangan yang berbeda. Tapi kita harus selalu mengedepankan persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara. Mulai sekarang dan seterusnya negara harus dipimpin oleh orang yang tegas, jujur, adil dan bijaksana. Agar tercapainya Indonesia Menang yang adil dan makmur.

Saturday, September 3, 2016

MARI MELAWAN LUPA


Hello my friend, apa kabar? Semoga kalian baik-baik aja dan semakin baik.


Udah lama gak posting coretan, kangen juga euuii. Diantara kesibukan dan kehampaan blog ini sudah terabaikan. Lebay dikit haha #lol


Nah guys, kali ini saya mau sharing sesuatu dari istilah kata LUPA. Ketika kita berbicara soal lupa itu sendiri, setiap kita udah pada paham paling ngga udah pada taulah lupa itu gimana, ya kan?


Pertama saya akan coba kasih tau sedikit definisi dari lupa itu sendiri. Lupa merupakan suatu kondisi dimana suatu informasi yang telah "disimpan" dalam memori otak jangka panjang "hilang". Sekilas definisi ini saya beri beberapa tanda kutip dimana merupakan kata yang sangat berkaitan dengan sifat lupa tersebut. Mungkin kalian banyak menemukan berbagai macam arti dari kata lupa. Tapi menurut saya, semuanya tidak jauh berbeda. Lupa bisa diartikan sebagai suatu penyakit, sifat yang menyebabkan sesuatu dengan mudah diabaikan.


Guys, ada kalanya kita tidak merasa ingin melupakan sesuatu tersebut, tetapi tanpa disadari lupa itu terjadi karena kecendrungan kita mengabaikan sesuatu yang dianggap biasa.


Coretan kali ini saya tidak akan menjelaskan secara detail apa itu lupa. Saya berharap coretan kali ini bisa membuat kalian yang membacanya menyadari suatu hal. Pada saat saya menulis coretan ini, seketika saya teringat banyak hal yang sudah lama saya abaikan hingga membuat hal tersebut terlupakan begitu saja. Dalam hati hanya terdengar begitu banyak suara tanya. Apa? Kenapa? Bagaimana? Kapan? Siapa?


Hati yang banyak bertanya hanya seumpama kertas ujian yang mendadak terbakar terkena kobaran api. Kita harus punya komitmen dan kejujuran yang tinggi agar semua bisa terjawab tanpa harus ada pertanyaan kembali.


Bagi kalian yang pernah merasakan hal yang sama, mari bersama-sama kita cari tau penyebab kelupaan itu bisa terjadi.


Penyakit lupa disebabkan oleh hati yang lalai mengingat Allah SWT. Lupa yang muncul karena lalai mengingat Allah SWT akan terobati dengan selalu mengingat Allah SWT. mengingat nikmat yang telah diberikan-Nya kepada kita, mengingat tanda-tanda kebesaran-Nya melalui apa yang telah diciptakan-Nya dilangit dan di bumi, dan mengingat hari pembalasan.


“Dan ingatlah kepada tuhanmu jika kamu lupa…” (Al-Kahfi: 24)

Al-Quran memuji mu’min yang selalu mengingat Allah dan menyipati mereka sebagai orang yang punya akal dan senantiasa berfikir.


Dalam teori belajar, hal yang dilakukan dengan terus menerus akan senantiasa terpatri dalam pikiran dan hatinya. Hal ini menjadikan orang tidak mudah lupa akan sesuatu.


Mengingat Allah SWT bisa jadi penawar penyakit lupa dan hati yang lalai. Allah SWT memerintahkan kita untuk mengingatnya siang dan malam, pagi dan petang melalui berdzikir.


“Hai orang-orang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di watu pagi dan petang.” (Al-Ahzab: 41-42)

“Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat (mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring…”(An-Nisa’: 103)

Prinsip yang digunakan dalam menyembuhkan penyakit lupa tersebut adalah dengan mengingat Allah SWT secara terus-menerus, sehingga kebiasaan tersebut tertanam kuat dalam hati manusia. Jangan sekali-sekali mengabaikan-Nya.


Kita seringkali mengabaikan hal yang sangat tidak pantas kita abaikan sehingga membuat kita lupa. Dari situ kita bisa mengambil kesimpulan bahwa cara menyembuhkan penyakit lupa yang biasa dialami dalam mengingat informasi adalah juga dengan mengulang-ulang dan mengingat informasi tersebut.


Sekian coretan kali ini guys, saya berharap yang membaca bisa mendapatkan solusi dari coretan online serta kutipan yang saya rangkum ini. Terimakasih.


See you next post... ^_^

Wednesday, June 8, 2016

RAMADHAN YANG DIRINDUKAN

Assalamu'alaikum pembaca MEZI SHARE dimanapun berada, semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah Subhanahu Wa Ta'ala.


Coretan edisi Ramadhan ini saya tulis awalnya iseng aja karena takut blog ini lumutan. Tapi semoga dengan membaca coretan ini insyaAllah ada beberapa hikmah yang dapat dipetik, syukur-syukur bisa jadi amal ibadah kita semua. Di coretan kali ini saya sebagai penulis ingin mengajak para pembaca untuk mengingat dan mengetahui apa saja keistimewaan Ramadhan yang selalu kita rindukan.



Syukur Alhamdulillah kita masih bisa berjumpa dengan bulan yang sangat istimewa ini, bulan dimana semua umat muslim rindukan. Ramadhan adalah bulan yang sangat amat dirindukan umat beriman. Ibarat kekasih yang merindukan kekasih hatinya, Ramadhan selalu dinanti-nanti kehadirannya karena rindu. Alhamdulillah, sekarang kita sedang berjumpa dengannya (Ramadhan 1437 H/2016 M). Apa saja yang sudah kita perbuat?



Sahabat pembaca, begitu mulia bulan ini sampai setiap apa yang kita kerjakan di bulan Ramadhan selalu menjadi amalan yang sangat dirindukan. Apa saja keistimewaan bulan Ramadhan dan kerinduan kita umat beriman? Berikut diantaranya:

  • Bulan Mencapai Derajat Taqwa

Taqwa merupakan gelar tertinggi yang diberikan Allah kepada hamba-Nya. Berbeda dengan gelar pendidikan tinggi yang sering kita banggakan, disisi Allah hanyalah taqwa gelar yang lebih mulia dari apapun. Maka setiap kita yang bisa meraih ketaqwaan disisi Allah, insyaAllah surga baginya. Salah satu sarana untuk mencapai gelar tersebut adalah bulan puasa atau bulan Ramadhan. Tertulis dalam Al-Qur'an "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa" (Q.S Al-Baqarah: 183).

  • Bulan Diturunkannya Al-Qur'an

Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana diturunkannya kitab suci Al-Qur'an, sebagaimana firman Allah: "Bulan Ramadhan, yang pada bulan itu Al-Qur'an diturunkan sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan tentang petunjuk itu, dan sebagai pemisah (yang haq dan yang batil)" (Q.S Al-Baqarah: 185).

  • Bulan Ampunan Dosa dan Bulan Ketaatan

Tidak ada manusia tanpa dosa, sebaik apapun dia. Sebaik-baik manusia bukanlah yang tanpa dosa sebab itu tidak mungkin. Manusia yang baik adalah yang paling sedikit dosanya, lalu ia bertobat dan berjanji tidak mengulangi perbuatan dosa itu lagi. Karena dosa manusia itu setumpuk, maka Allah menyediakan bulan Ramadhan agar kita benar-benar berpuasa dan semua dosa kita diampuni insyaAllah.


Beberapa hadits menyatakan demikian, salah satunya diriwayatkan Bukhari Muslim dan Abu Dawud, "Barang siapa berpuasa pada bulan Ramadhan karena keimanannya dan karena mengharap ridho Allah, maka dosa-dosa sebelumnya dimapuni." Rasulullah S.A.W bersabda: "Shalat lima waktu, dari Jum'at ke Jum'at, dari Ramadhan ke Ramadhan, dapat menghapuskan dosa-dosa, apabila dosa-dosa besar dihindari" (H.R Muslim). "Barangsiapa yang melakukan ibadah di malam hari bulan Ramadhan, karena iman dan mengharap ridho Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu diampuni. (Muttafaqun 'alaih). Apabila Ramadhan datang, maka pintu-pintu syurga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan syaitan-syaitan dibelenggu. (Muttafaqun 'alaih).
  • Bulan Kegembiraan dan Harapan

Dibulan ini kita yang beriman pasti akan merasakan kegembiraan, saya yakin kita semua saat akan datang bulan Ramadhan dan saat menjalankan puasa di bulan Ramadhan pastinya merasa senang dan gembira di hati.

"Setiap orang berpuasa selalu mendapat dua kegembiraan, yaitu tatkala berbuka puasa dan saat bertemu dengan Tuhannya". (H.R Bukhari)
  • Bulan Mensucikan Harta

Setiap muslim yang mampu pada setiap Ramadhan diwajibkan mengeluarkan zakat. Ada dua zakat yang dimaksud, yaitu fitrah dan maal. Zakat tersebut dimaksudkan untuk menolong fakir miskin, juga guna mensucikan harta yang kita miliki. InsyaAllah harta yang telah disucikan bakal mendatangkan berkah dan menghindarkan pemiliknya dari siksa api neraka, Sebaliknya harta yang tidak barakah akan mengundang kekhawatiran dan ketidaksejahteraan.


Mari kita sisihkan segenap harta yang kita miliki, untuk membantu sesama umat manusia agar kita terhindar dari siksa api neraka.

Ramadhan, hati siapa yang tak bergetar mendengar bulan yang dimuliakan oleh Allah ini. Semua amalan ibadah kita akan dilipatgandakan. Belum lagi nikmatnya berkumpul bersama keluarga, seluruh umat muslim belomba-lomba dalam kebaikan dan indahnya saat sahur serta berbuka puasa.

Selain hal diatas saya akan coba tulis beberapa kebiasaaan saat Ramadhan yang akan selalu kita rindukan. Diantaranya:
  • Media yang Menyejukkan

Sudah menjadi hal yang pasti ketika Ramadhan indera kita akan dimanjakan dengan tontonan menyejukkan dan siraman rohani, telinga akan didengarkan dengan lantunan nada-nada ayat suci Al-Qur'an yang indah dan membuat hati tenang, serta musik-musik rohani dan ceramah yang menyejukkan hati.

  • Berbuka Puasa Bersama

Momen yang satu ini yang paling ditunggu-tunggu oleh semua kalangan pada saat Ramadhan. Acara ini sudah menjadi agenda rutin kita yang tidak terlewatkan. Mulai dari SD, SMP, SMA, Kuliah, Kerja, Sahabat bahkan keluarga sendiri.


Buka bersama dijadikan sebagai ajang reuni kecil-kecilan, mempererat silaturahmi dengan orang-orang yang kita kenal. Berbagai macam kegiatan yang diakukan setelah berbuka bersama menjadi sebuah kenangan yang akan selalu dirindukan.
  • Berkumpul Bersama Keluarga

Sungguh suatu nikmat pada saat Ramadhan kita kembali berkumpul bersama keluarga. Di bulan lain kita disibukkan dengan kerjaan, kegiatan belajar mengajar dan aktivitas lain, pada bulan suci ini kita dipertemukan dengan keluarga yang kita cintai, beribadah bersama, bercerita serta menghabiskan waktu dengan keluarga tercinta.


Seberapa suksesnya seseorang, keluarga adalah tempat terbaik untuk kembali. Merekalah yang mendampingi kita dari kecil, mengiringi perjalanan hidup, sampai masalah jodoh. Sesibuk apapun dan sejauh apapun tempat kita bekerja, semua hal diupayakan agar dapat mudik dan bertemu dengan keluarga di kampung halaman. Antrian transportasi yang panjang dilakukakn demi terwujudnya cita-cita berkumpul bersama keluarga tercinta.
  • Tradisi Ramadhan

Berdirinya pasar takjil yang ada hanya saat bulan Ramadhan sampai kios-kios yang menjual petasan dan kembang api. Makanan sudah menjadi tradisi pada bulan ini. Makanan khas selama bulan Ramdhan diantaranya kurma, kolak, es buah, cendol dan makanan khas Ramdhan lainnya


Masih banyak lagi tradisi lain dari berbagai daerah di dunia. Ini menunjukkan betapa kayanya tradisi umat islam setiap bulan Ramadhan.
  • Rutinitas Ibadah

Selama bulan Ramadhan kita berlomba-lomba memperbaiki diri, meningkatkan amal ibadah mulai dari bangun tidur dengan sahur, Sholat lima waktu berjama'ah, memperbanyak sedekah, semakin rutin membaca Al-Qur'an, berbuka puasa dengan rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah, Ibadah sholat sunnah Tarawih dan Witr bersama, hingga tertidur kembali serta bangun ditengah malam melaksanakan sholat Tahajjud mengaharap ampunan dan ridho Allah. Begitu mulia memang bulan ini.

  • Saling Memaafkan

Di bulan suci ini kita bersama-sama membuka pintu maaf dengan keikhlasan mengharap ampunan Allah. Memaafkan setiap orang yang berbuat salah baik sengaja atau tidak. Dan membenahi diri menjadi insan yang bertaqwa disisi Allah.


Saya sebagai penulis MEZI SHARE, dalam kesempatan ini memohon dibukakkan pintu maaf lahir dan bathin atas segala kesalahan saya baik disengaja ataupun karena khilaf. Semoga segala amalan kita di bulan suci ini diterima disisi Allah. Aamiin..

Demikian coretan kali ini, semoga ada manfaatnya bagi kita yang membaca. Semoga di bulan ini, kita dapat menjadi sebaik-baiknya manusia dan tetap selalu istiqamah dalam beribadah. Semoga kita semua dapat bertemu kembali dengan Ramadhan selanjutnya dan selanjutnya. Marhaban yaa Ramadhan!!!

Monday, May 2, 2016

Budaya serta Dampak Positif dan Negatif "INTERNET"


Hallo semua pembaca coretan ini, selamat beraktifitas dan selamat datang bagi yang baru mampir. Semoga ini bukan sekedar coretan yang gak ada manfaatnya ya bagi pembaca semua. 

Buat kalian yang lagi baca coretan ini, SELAMAT!!! Kalian sudah menggunakan apa yang disebut internet. Disini saya mencoba membagikan dan mengingatkan kembali pada kita semua segenap tentang internet, mulai dari pengertian, penggunaan serta dampak positif dan negatif yang harus kita ketahui bersama.

Guys, mari kita mulai dari definisi internet dulu ya..Apa itu INTERNET?

Internet (interconnection-networking) yaitu sekumpulan jaringan komputer yang satu sama lain terhubung menggunakan sistem yang disebut sistem global TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) sebagai protokol pertukaran komunikasi data yang melayani lebih dari milliaran penggunanya hiingga ke pelosok dunia. Rangkaian internet terbesar ini dinamakan Internet.

Jadi internet merupakan suatu jaringan yang terdiri dari banyaknya perangkat komputer yang satu sama lain dapat terhubung, dihubungkan dengan jaringan telepon yang menggunakan kabel atau gelombang elektromagnetik sebagai penghantar jaringannya. Dan akan terjadi pertukaran atau komunikasi data. Setiap perangkat sudah harus difasilitasi dengan software dan hardware yang nantinya beroperasi dan menghasilkan internet yang baik.


Nah untuk lebih detail seperti sejarah internet dan lainnya, kalian bisa mampir ke blog artikel-artikel lainnya yang membahas lebih detail tentang internet.

Budaya Internet

Dengan semakin banyaknya jumlah penguna internet yang selalu berkembang pada saat ini, telah lahir istilah budaya internet. Yang sangat berpengaruh atas bermacam-macam informasi, ilmu serta padangan dunia. Makin ekstremnya perkembangan internet juga mempengaruhi perkembangan ekonomi, seperti jual beli yang sedang populer beberapa tahun ini dengan sebutan e-commerce. Internet membawa setiap orang dan kalangan untuk tampil lebih transparans seperti pelaksanaan pemerintah melalui e-goverment.

Seperti yang kita ketahui, penggunaan internet sudah banyak diterapkan di tempat umum seperti perpustakaan, terminal, pusat perbelanjaan, cafe dll. Untuk mengaksesnyapun sudah lebih mudah dengan adanya Wi-Fi, kita cukup membawa laptop (notebook), handphone pintar (android) atau perngkat lainnya agar bisa mengakses internet. WOOWW hebat bukan?

Karena internet sudah banyak membantu kita dalam setiap aspek kehidupan, hingga kini internet mempunyai peran penting dalam kehidupan bersosial. Sebagai media komunikasi merupakan fungsi utama internet yang banyak kita gunakan saat ini. Karena hal ini juga, internet mempunyai dampak bagi penggunanya, baik itu dampak positif maupun negatif. Sekarang bagaimana kita menjadi pengguna internet pintar dan cerdas memanfaatkannya untuk berbagi kebaikan bukan untuk hal-hal negatif yang bisa merugikan orang lain. Mari kita lihat beberapa dampak dari internet saat ini.

Dampak Positif Internet

1. Media Informasi
Setiap kita pasti membutuhkan informasi. Bahkan informasi sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Dengan informasi kita bisa mengetahui apa yang sedang terjadi, membantu dalam pengambilan keputusan dan menambah pengetahuan kita. Dengan adanya informasi kita dapat menciptakan hal yang bermanfaat baik untuk orang lain. Tempat mencari informasi ini pun dengan internet sudah banyak tersedia, seperti Google, Yahoo, MSN dan mesin pencari lainnya.

2. Media Komunikasi
Komunikasi adalah hal yang pasti setiap makhluk hidup lakukan. Banyak bentuk jenis komunikasi, diantaranya menggunakan media komunikasi internet. Beruntungnya sekarang sudah sangat banyak aplikasi yang diciptakan untuk dapat membantu kita berkomunikasi dengan menggunakan internet agar lebih mudah berhubungan satu sama lain. Memberi informasi melalui aplikasi komunikasi online seperti Facebook, twitter, Line, Whatsapp, BBM, Path, Instagram dan banyak aplikasi lainnya agar kita bisa tetap terus berkomunikas dengan pengguna di seluruh dunia.

3. Media Pertukaran Data
Dengan internet kita juga bisa saling berbagi data apa saja dengan mudah. Berbagi data dapat dilakukan melalui fasilitas e-mail serta account lainnya dimana kita bisa sharing file apapun tanpa susah payah dengan cara manual.

4. Bisnis dan Transaksi Jual Beli Online
Mendapatkan untung yang luar biasa dengan memanfaatkan fasilitas internet. Partner bisnis, uang dan keuntungan lainnya yang membantu kita lebih mudah bertransaki dan menjalankan bisnis apapun. Contohnya Tokopedia, Lazada, Elevania, Tokobagus, Bukalapak dan masih banyak lagi jenis bisnis online lainnya yang kalian pasti sudah termasuk penggunanya.

Selanjutnya mari kita lihat apa saja dampak negatif dari internet itu sendiri. Mengingat dampak negatif ini lebih harus kita ketahui supaya kita dapat berhati-hati dan lebih pintar dalam pemakaian internet positif.

Dampak Negatif Internet

1. Sifat Sosial Manusia
Mudahnya berinteraksi dan bertkomunikasi melalui internet membuat kita lupa akan sifat dasar kita manusia dalam berkomukiasi yaitu bertemu secara langsung (face to face). Yang mana seharusnya sudah menjadi sifat sosial kita. Sifat sosial yang berubah ini dapat berakibat perubahan pola kita dalam bermasyarakat. Contohnya saja saat kita sedang asik dengan aplikasi media sosial online, kita jarang berjumpa langsung, bercerita langsung dengan teman-teman bahkan keluarga. Padahal dengan berkomunikasi langsung kita dapat lebih mengerti apa yang disampaikan saat berinteraksi. Jadi, gunakanlah media komunikasi online dengan bijak dan seperlunya.

2. Pornografi

Ini sudah menjadi virus bagi setiap orang, bagi siapapun tanpa terkecuali. Karena internet saat ini sudah sangat identik dengan pornografi. Pornografipun saat ini sudah merajalela. Oleh karena itu, ada upaya dari produsen browser dengan melengkapi program mereka supaya dapat memilih konten-konten yang berbau porno. Apapun yang dilakukan developer online, kembali ke diri kita masing-masing. Mari berfikir poisitif, gunakan akal fikiran yang bersih agar tidak terpengaruh terhadap dampak pornografi ini. Hal yang hanya membawa dampak negatif.

3. Penipuan
Sudah tidak heran lagi, karena internet sudah menjadi tempat para penipu  menjalankan aksi-aksi mereka. Sebaiknya kita sebagai pengguna lebih berhati-hati dan harus terus mengkonfirmasi setiap informasi yang kita dapatkan dari setiap penyedia apapun. Jagalah data pribadi yang penting dengan sebaik-baiknya. Setiap ada kesempatan, disitu akan ada kejahatan.

4. Perjudian
Dengan jaringan yang tersedia, berdampak pada meluasnya perjudian online yang hanya dapat merugikan diri sendiri. Anda harus menghindari hal ini, karena judi dapat merusak segalanya. Perjudian juga sangat banyak terjadi penipuan. Beranjaklah ke jalan dan usaha yang benar dalam mendapatkan penghasilan.

5. Cyber-Crime
Cybercrime merupakan kejahatan yang dilakukan seseorang atau kelompok tertentu dengan fasilitas internet dan beredar di dunia maya. Kejahatan ini merupakan perbuatan ilegal yang berdampak pada kerugian yang besar serta sulit dibuktikan secara hukum.


Kriteria cybercrime ini terbagi menjadi dua, yaitu:
  • HackingUsaha memasuki sebuah jaringan dengan tujuan mengkesplorasi atau mencari kelamahan dari sitem jaringan yang sudah diretas.
  • CrackingUsaha memasuki secara ilegal sebuah jaringan dengan tujuan mencuri, mengubah, menghapus dan menghancurkan apapun yang ada dari sistem jaringan yang sudah diretas.
  • CardingBerbelanja menggunakan nomor dan identitas kartu kredit milik orang lain yang diperoleh secara ilegal. Biasanya dengan mencuri data pengguna kartu kredit lain.
  • DefacingUsaha mengubah halaman halaman situ/wesbsite kita dengan tujuan mencuri data dan menjual kepada pihak lain.
  • PhisingUsaha memancing agar pengguna internet lainnya dapat membagikan informasi data diri.
  • SpammingUsaha dengan mengirim berita atau iklan lewat e-mail yang tidak dikehendaki pemilik e-mail.
  • MalwareProgram komputer dengan tujuan mencari kelemahan dari suatu software untuk dibobol dan dirusak.
Demikian coretan online kali ini, semoga ada manfaatnya bagi pembaca. Pada intinya kita sebagai pengguna internet harus lebih bijak, cerdas dan bisa menjadi pengguna yang mendapatkan dampak positif bagi diri sendiri dan orang lain sebagai pengguna, bukan menimbulkan kerugian.
Bagi remaja, mari ciptakan karya yang positif dan bermanfaat dengan fasilitas internet, serta berhati-hatilah menggunakan internet. Bagi orang tua, awasi dan didiklah dengan baik anak-anak agar mereka menjadi pengguna internet yang pintar.
Jangan lupa LIKE dan SHARE ya..Thanks